Home » , » Tokoh Musik Nusantara

Tokoh Musik Nusantara

Written By Aneka Artikel on Minggu, 04 Desember 2011 | 19.15

Saat masih kecil atau waktu duduk di Taman Kanak-kanak, kita mungkin pernah menyanyikan lagu ini:

Kupu-kupu yang lucu
kemana engkau terbang
Hilir-mudik mencari
Bunga-bunga yang kembang


Sebuah lagu dengan lirik yang sederhana dan sangat akrab di dunia anak-anak. Lagu Kupu-kupu tersebut mendekatkan anak pada lingkungan sekitarnya. Sampai sekarang, lagu tersebut masih melegenda, diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnnya.

Bu Kasur adalah dibalik pencipta lagu tersebut. Ia adalah pengarang lagu anak-anak yang legendaris dan tokoh pendidikan anak. Ibu Kasur mempunyai nama asli Sandiah. Ia lahir pada 16 Januari 1926 di Jakarta. Ibu Sandiah mulai dikenal sebagai Ibu Kasur setelah mengasuh Taman Putra dan Taman Pemuda di Jakarta bersama suaminya, Pak Kasur. Mereka menikah ketika mengungsi di Jogjakarta pada 29 Juli 1946.

Panggilan Kasur berasal dari kata “Kak Sur”, sebutan akrab Pak Kasur yang bernama asli Suryono. Ibu Kasur tamatan Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) di akhir tahun 1930-an. Setelah Pak Kasur meninggal, lembaga pendidikan anak itu berubah menjadi TK Mini Pak Kasur tahun 1968.

Sampai menjelang akhir hayat, Ibu Kasur selalu ingin mendidik anak-anak. Meski belakangan tidak lagi langsung mengajar, namun masih selalu secara rutin mengunjungi TK Mini Pak Kasur. Ia selalu akrab dengan anak-anak. Selalu mengajak tos kepada anak-anak untuk memberi salam.

***

Penerbit: Trias Yoga Kreasindo - Jakarta
Kategori: Buku pengayaan Pelajaran Seni-Budaya
ISBN: 978-602-8709-32-3
Penulis: Aminudin

Indonesia adalah sebuah negara dengan beragam etnik dan juga khazanah seni. Kita mengenal ragam musik tradisional yang berkembang di Nusantara. Walaupun pada zaman dahulu kita tidak mengenal siapa saja para pemusik tradisional Nusantara tersebut. Hal ini dikarenakan salah satu faktor bahwa musik tradisi adalah milik bersama. Seiring perkembangan zaman, kita mengenal beragam tokoh seni musik tradisional Indonesia, misalnya Ki Nartosabdo, Daeng Soutigna, atau maestro keroncong, Gesang. Mungkin nama-nama tersebut bagi kita terdengar asing. Namun, merekalah seniman tari tradisional yang telah memberi ciri pada perkembangan musik Nusantara.

Dalam buku ini disajikan profil tokoh-tokoh musik tradisional, tiada lain sebagai upaya menggali kembali kekayaan seni musik Nusantara yang masih tradisional agar kita tidak lupa akar seni musik sendiri. Kita sekarang mungkin telah terpengaruh ingar-bingar para musisi pop (modern). Dengan demikian, seakan kita tidak mengetahui bahwa bangsa kita mempunyai musikus-musikus dengan latar belakang tradisional Nusantara. Selain itu, agar kita mampu mengenal dan mengapresiasi khazanah seni musik yang berakar dari lingkungan tradisional.




Baca artikel terkait:

Bagikan artikel ini :
Posted by : www.aminudin.com
www.aminudin.com Updated at: 19.15

Baca Artikel Menarik Lainnya

 
Support : Site Map | About | Contact | Privacy Policy
Copyright © 2007. www.aminudin.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger