http://mlbboards.com
Home » , » Tips Mengelola Perpustakaan Pribadi

Tips Mengelola Perpustakaan Pribadi

Written By Aneka Artikel on Jumat, 18 Januari 2013 | 18.11

Minat membaca yang dimiliki oleh seseorang biasanya adalah faktor kebutuhan yang menjadi kebiasaan. Orang suka membaca buku, mereka mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru setiap waktu. Otaknya akan terus di-upgrade dengan informasi-informasi yang tiada henti. Sumber bacaan pun tidak hanya dari buku, orang yang suka membaca biasanya akan tertarik dengan bacaan lain yang bersumber dari koran, majalah, tabloid, artikel-artikel internet, dan sebagainya. Kebiasaan untuk mencari buku pun menjadi kegiatan rutin untuk menambah koleksi buku di rumahnya. Bahkan, hadiah ulang tahun pun biasanya berupa buku. Hal ini merupakan salah satu kebiasaan yang baik dan akan meningkatkan kualitas diri orang tersebut.

Buku yang terkumpul di rumah bisa beragam tema dari ragam penerbit serta genre bidang kajian. Entah itu buku psikologi, buku agama, buku motivasi, buku resep memasak, atau buku seputar kehamilan dan bayi. Sayang rasanya jika buku-buku tersebut dibiarkan di rumah tanpa dikelola dengan baik. Cobalah Anda membuat perpustakaan pribadi yang bisa berfungsi sebagai taman bacaan. Lantas bagaimana tips dan trik cara mendirikan perpustakaan pribadi di rumah? Berikut kiat-kiat yang bisa diikuti:

1. Coba Anda pilah-pilah tema buku yang ada. Kumpulkan per bagian. Selain itu, pisahkan juga masing-masing untuk koran, majalah, atau tabloid. Nantinya Anda akan mudah menemukan buku yang telah dipilah sesuai kriteria tersebut. Siapkan catatan lalu, lakukan penyimpanan database buku berdasarkan tema yang dimaksud. Anda bisa menyimpannya di file komputer atau di-print agar data tidak sampai hilang. Jika perlu beri nomor, nama pengarang, dan penerbit.

2. Siapkan tempat untuk memajang buku. Misalnya di ruangan khusus yang nantinya akan diletakkan rak-rak buku. Untuk menyediakan rak buku, bisa menggunakan rak yang ada; membeli dari toko meubeul; atau Anda meminta tukang untuk membuat rak yang disesuaikan dengan kondisi ruangan. Dalam pemilihan ruangan, pilih ruangan yang tidak lembap. Tempat ini nantinya bisa rutin kita bersihkan dari debu atau kotoran yang akan mengganggu kondisi buku (misalnya buku dierat tikus atau oleh serangga.)

3. Jika perlu buatlah cap stempel sebagai ciri buku. Cap bisa Anda desain sendiri dan meminta tukang stempel membuatnya. Bisa juga Anda memberi tanda pada setiap buku dengan memasang nomor kode khusus pada buku sebagai identitas.

4. Penyusunan buku dalam setiap rak disesuaikan dengan tema buku. Anda bisa memasang buku psikologi berdekatan dengan buku filsafat atau karya sastra. Mintalah bantuan anggota keluarga atau teman untuk memasang buku tersebut.

5. Jika sudah selesai membuat perpustakaan pribadi, Anda bisa menambah koleksi buku. Anda bisa membeli buku-buku bekas di tukang loak. Atau Anda membeli buku ke toko buku. Jika perlu, Anda bisa melakukan pemesanan online ke toko-toko online yang menjual buku. Koleksi buku Anda nantinya dapat dimanfaatkan untuk berbagi ilmu kepada orang lain. Boleh juga orang lain meminjam buku Anda dengan adanya catatan khusus, kapan buku dipinjam dan dikembalikan. Ini harus ada aturan tegas, bukan apa-apa biasanya kalau buku, majalah, tabloid, atau komik sudah dipinjam suka lupa dikembalikan. Oleh karena itu, Anda bisa menerapkan pola perpustakaan profesional.

6. Berhubungan dengan berbagi bersama orang lain, bisa saja perpustakaan pribadi Anda diberdayakan menjadi taman bacaan. Hal ini bisa dilakukan misalnya dengan membuat klub membaca atau komunitas diskusi yang membahas isi buku yang disesuaikan dengan tema persoalan tertentu. Jika dikomersilkan, taman bacaan ini juga tidak apa-apa. Anda bisa mengajak anak atau sanak keluarga ikut menjaga taman bacaan. Taman bacaan ini bisa juga diberdayakan dengan aktivitas lain, misalnya dengan adanya media kreativitas bagi anak. Dengan demikian, perpustakaan atau taman bacaan ini akan memberi nilai lebih pada masyarakat sekitar lingkungan Anda.




Baca artikel terkait:

Bagikan artikel ini :
Posted by : www.aminudin.com
www.aminudin.com Updated at: 18.11

Baca Artikel Menarik Lainnya

Translate

 
Support : Site Map | About | Contact | Privacy Policy
Copyright © 2007. Aneka Artikel dan Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger