Home » » Pengelolaan Penerbitan Majalah Dinding

Pengelolaan Penerbitan Majalah Dinding

Written By Aneka Artikel on Rabu, 20 Februari 2013 | 13.02


Sama halnya dengan dunia penerbitan, membuat majalah dinding juga perlu adanya program yang menutut adanya kesepahaman, komitmen, dan ruang komunikasi untuk mendiskusikan hal-hal apa saja yang mesti diperhatikan. Berikut ini beberapa hal yang menjadi acuan saat pengelolaan penerbitan majalah dinding.

1. Menentukan waktu terbit
Secara umum, penerbitan majalah dinding biasanya seminggu sekali. Hal ini bisa disesuaikan sendiri, misalnya seminggu dua kali. Jika jangka waktu update penerbitan satu bulan biasanya akan membuat bosan pembaca.

2. Tema
Untuk tema bisa disesuaikan dengan segmen yang ada di sekolah. Misalnya, untuk tingkat SMA berhubungan dengan dunia remaja. Tema bisa mengacu pada tema besar yang berhubungan dengan kekinian. Selain itu, subtema bisa disematkan dalam majalah dinding agara isinya lebih variatif.

3. Adanya kerja sama dengan pihak lain
Kerja sama bisa dilakukan dengan pihak guru/sekola. Dalam hal ini, misalnya dengan adanya tulisan para guru; pengumuman dari sekolah; atau juga hal-hal lain yang berhubungan pembelajaran dan aktivitas di sekolah.

4. Bentuk tim wartawan
Agar isinya tidak basi, bentuk tim wartawan yang melakukan wawancara dengan narasumber. Ini bisa dikaitkan dengan tema yang akan diangkat. Hal ini sekaligus juga melatih tim redaksi untuk belajar mendapatkan data secara valid dan sesuai prosedur. 

5. Lakukan layout majalah dinding yang menarik
Selain penempatan majalah dinding yang strategis, pilih juga tema layout yang berhubungan dengan tema yang diangkat. Ini diperlukan tim khusus yang memang jagonya dalam dunia tata letak.

6. Gunakan ilustrasi
Jika majalah dinding hanya berbasis teks tentunya ini akan membosankan. Pilih siswa yang jago menggambar untuk memberi ilustrasi pada artikel, cerpen, atau puisi. Gambar biasanya mempunyai nilai lebih bagi kemenarikan pembacaan suatu karya. Lakukan kerja sama dengan guru seni rupa atau ekskul memotret yang ada di sekolah. Bisa juga dengan memasang kartun atau karikatur. Ya, seperti koran harian lah.

7. Lakukan koordinasi rutin untuk membahas tema selanjutnya
Prinsip membuat karya terbitan adalah dua langkah di depan. Jangan sampai kita sibuk hanya berkutat di edisi ke-5, tetapi edisi ke-6 tidak terpikirkan untuk digarap. Jika perlu, berikan pengumuman akan apa yang akan diterbitkan di edisi selanjutnya. Selain pembaca menunggu edisi selanjutnya, redaksi pun tentunya akan terpacu untuk terus berkarya. Dengan demikian, ada sistem keberlanjutan dalam setiap edisi.

Jika menilik dari penjelasan tersebut, sebenarnya dalam pembuatan majalah dinding telah terbentuk kesatuan fungsi kerja yang berguna bagi siswa di kemudian hari. Di sini, ada tim pemimpin penerbitan/penanggjung jawab, tim penulis, tim penata letak (layout), tim editing/penyunting bahasa,  tim ilustrator (juru gambar), sampai tim marketing. Bisa saja dalam majalah dinding tersebut dibuat sebuah kolom iklan, misalnya.

Dari konsep pengelolaan majalah dinding ini sebenarnya tinggal selangkah lagi untuk mengelola dunia penerbitan secara profesional. Apalagi hal ini ditunjang dengan pengajaran bahasa Indonesia yang menyediakan empat aspek berbahasa: mendengar, menulis, membaca, dan menulis yang menjadi pedoman utama dalam penguasaan kebahasaan. Belum lagi dengan adanya teknologi komputer yang menyediakan program pendukung penerbitan yang bisa dikuasai siswa, misalnya dengan program Photshop atau InDesign. Dari majalah dinding ini bisa dibuat media lain, misalnya buletin, majalah, atau buku yang diterbitkan secara swadaya.

Nah, dengan adanya “pancingan” untuk biasa menulis ini bisa juga dikembangkan dengan membuat media lain, seperti situs sekolah, portal website, atau juga blog yang bisa diakses dengan penggunan PC, laptop, Android, BlackBerry, dll.




Baca artikel terkait:

Bagikan artikel ini :
Posted by : www.aminudin.com
www.aminudin.com Updated at: 13.02

Baca Artikel Menarik Lainnya

Translate

 
Support : Site Map | About | Contact | Privacy Policy
Copyright © 2007. Aneka Artikel dan Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger